11 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada

cara mengatasi asam lambung naik ke dada

Ini Dia 11 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Dada

Memiliki penyakit asam lambung naik ke dada memang sangat membuat kesal. Penyakit asam lambung atau GERD merupakan kondisi adanya kenaikan asam lambung ke esofagus yang membuat sejumlah gejala yang menyiksa. Seseorang yang terkena penyakit asam lambung akan merasakan sakit pada ulu hati dan dada seperti terbakar dan juga menyebabkan reaksi lain seperti mulut pahit, tenggorokan sakit seperti ada yang mengganjal, mual hebat, dan dan kesulitan menelan.

Apakah Anda pernah mengalaminya? Penyakit ini bukanlah penyakit yang langka. Dengan kata lain, banyak orang pernah mengalami penyakit asam lambung lantaran tidak bisa menjaga asupan makanan, kurang menjaga pola makan, terlalu stres, dan bisa juga karena faktor keturunan. Sebenarnya, penyakit ini bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun tetap saja, penyakit asam lambung harus segera diatasi agar gejala yang muncul tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan juga tidak membuat adanya luka serius pada dinding esofagus. Tahukah Anda bagaimana cara mengatasi asam lambung naik ke dada?

cara mengatasi asam lambung naik ke dada

Tahapan Umum Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Secara garis besar, terdapat tahapan umum yang termasuk dalam cara mengatasi asam lambung naik ke dada. Tahapan ini merupakan urutan yang bisa dilakukan seseorang jika memiliki penyakit asam lambung biasa hingga yang sering kambuhan. Seperti apa sajakah tahapan mengatasi asam lambung naik ke dada? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Mengganti menu makanan

Tahapan yang paling awal dan wajib untuk dilakukan adalah mengganti menu makanan. Ada tiga kunci penting dalam hal pengaturan makanan untuk para penderita penyakit asam lambung. Ketiga hal yang dimaksud yaitu menu makanan yang tidak terlalu asin, tidak terlalu pedas, dan juga tidak tinggi lemak. Ketiga catatan penting untuk makanan harian tersebut sangatlah penting diperhatikan setiap saat. Hal ini menjadi penting lantaran faktor makanan merupakan faktor yang paling besar dalam hal penyebab asam lambung naik ke dada.

2. Mengatur jam makan

Selain menu makanan yang harus lebih diperhatikan, para penderita asam lambung naik ke dada juga harus memperhatikan pola makan terutama jam makan setiap harinya. Hal ini menjadi penting diperhatikan agar lambung tidak memproduksi asam lambung terlalu berlebihan akibat dari pola makan yang tidak teratur terutama jika perut didiamkan lama kosong. Aturlah jam makan dengan baik dan tetap. Bila perlu, pecah pembagian jam makan menjadi lebih sering misalnya satu hari menjadi empat atau lima kali dengan porsi sedikit setiap jam makannya.

3. Obat dokter

Jika penggantian menu makanan yang lebih pas dan pengaturan jam makan juga tetap tidak membuat penyakit asam lambung hilang, maka perlu mengkonsumsi obat. Dokter umumnya akan memberikan obat yang bisa meredakan gejala akibat terjadinya refluks atau naiknya asam lambung ke esofagus sehingga bisa menyebabkan dada seperti terbakar. Obat yang diberikan juga berupa obat untuk menurunkan kadar asam lambung yang ada di perut.

Sebaiknya, periksakan terlebih dahulu ke dokter sebelum membeli obat disembarang toko atau apotek. Konsultasi pada dokter akan lebih membuat Anda mendapatkan obat yang terbaik. Meski begitu, jika Anda memerlukan pertolongan pertama untuk meredakan gejala yang menyiksa akibat asam lambung naik maka Anda bisa membeli obat pengendali asam lambung yang bisa didapat dengan mudah di apotek.

4. Obat ramuan alami

6 Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh Dengan Bahan Alami

Selain obat kimia dari resep dokter, bisa juga dicoba mengkonsumsi obat  ramuan alami. Ya, berbagai bahan alam memang sangat bisa dipercaya untuk bisa meredakan asam lambung berlebih dalam tubuh. Obat ramuan alami yang dimaksud merupakan racikan obat yang bisa dibuat sendiri oleh siapapun dengan memanfaatkan bahan-bahan alam tanpa ada campuran bahan kimia. Misalnya obat ramuan dengan bahan jahe atau juga teh chamomile. Ramun alami seperti ini memang tidak bisa menyembuhkan penyakit asam lambung jika diakibatkan adanya peradangan, luka, atau juga kerusakan pada kerongkongan dan juga katup esofagus. Namun, ramuan alami sangat baik untuk menyembuhkan gejala asam lambung naik ke dada yang memang sangat menyiksa.

5. Obat jangka panjang

Jika penyakit asam lambung sering kambuh dan susah untuk disembuhkan, umumnya dokter akan memberikan obat jangka panjang. Resep dokter untuk obat jangka panjang ini diberikan sebagai terapi dan juga pengobatan untuk penyakit asam lambung yang sangat sering menyerang walau telah mengubah gaya hidup dan memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh. Obat seperti ini tidak bisa sembarangan didapatkan dan harus atas dasar resep dokter atau dengan kata lain harus berkonsultasi terlebih dahulu.

6. Operasi

Penyakit asam lambung memang sering dianggap sepele. Padahal, penyakit ini bisa saja berujung pada terbaringnya seseorang dimeja operasi. Ya, jika seseorang tidak kunjung sembuh dan menderita penyakit asam lambung kronis maka akan disarankan melakukan operasi. Sebelumnya, dokter akan melakukan prosedur endoskopi. Bagi Anda yang belum tahu, prosedur ini merupakan salah satu langkah meneliti seberapa parah penyakit seseorang dengan memasukan endoskop atau tabung kecil dengan kamera dan lampu untuk melihat kondisi di dalam tubuh manusia.

Prosedur ini akan memastikan seperti apa tingkat keseriusan dan terutama soal penyebab penyakit asam lambung yang tidak kunjung sembuh. Penyebab yang biasanya diketahui persis adalah adanya peradangan dinding esofagus atau biasa disebut kerongkongan, gastritis atau radang dinding lambung, dan bisa juga kondisi perlambatan gerakan pencernaan atau biasa disebut gastroparesis.

Melihat tahapan yang termasuk cara mengatasi asam lambung naik ke dada tadi, Anda pastinya bisa menarik kesimpulan. Penyakit yang biasanya dianggap remeh oleh sebagian orang ternyata bisa juga berpotensi membuat seseorang harus menjalani prosedur operasi. Maka dari itu, untuk Anda yang pernah atau bahkan kerap memiliki penyakit asam lambung khususnya yang membuat dada seperti terbakar maka harus mulai melakukan beberapa cara atasi penyakit asam lambung di atas.

Umumnya, banyak orang yang sudah mendapatkan dampak nyatanya jika berhasil mengubah pola makan dan juga asupan makanan yang lebih diperhatikan. Mayoritas orang akan tidak mengalami asam lambung naik ke dada setelah terbiasa memperhatikan menu makanan harian dan juga biasa mengkonsumsi obat ramuan alami.

Pertolongan Pertama Untuk Atasi Serangan Penyakit Asam Lambung

Lalu, apa yang harus seharusnya dilakukan ketika terjadi serangan asam lambung? Setelah memahami cara mengatasi asam lambung naik ke dada, memang sebaiknya Anda juga ketahui bagaimana cara awal mengatasi asam lambung ketika gejalanya menyerang. Ya, beberapa gejala penyakit asam lambung ini memang sangat menyisksa. Contohnya saja seperti dada dan kerongkongan yang seperti terbakar, perut yang melilit dan bagian ulu hati sangat sakit, serta terjadi mual yang sangat tidak tertahankan. Untuk berjaga-jaga, perlu sekali Anda pahami cara-cara pertolongan pertama ketika gejala tersebut menyerang. Seperti apakah caranya?

7. Bersikap tenang dan hentikan aktivitas

Langkah awal ketika gejala penyakit asam lambung terasa adalah bersikap tenang dan hentikan aktivitas. Sikap yang tenang harus dimiliki agar Anda bisa melakukan tindakan yang tepat agar sakit asam lambung naik bisa segera teratasi. Menghentikan aktivitas juga perlu dilakukan lantaran gejala yang menyerang memang sangat membuat tubuh tidak nyaman dan tidak bisa berkonsentrasi.

Dan juga, kondisi diri yang tenang akan membuat Anda jaug dari stres yang memang bisa memperburuk keadaan ketika penyakit asam lambung menyerang. Apapun aktivitas yang Anda lakukan, hentikan terlebih dahulu hingga gejala asam lambung naik mereda. Terlebih lagi untuk Anda yang sedang berada diperjalanan, ada baiknya untuk segera menepi dan tidak melanjutkan perjalanan hingga bisa mengatasi gejala asam lambung naik.

8. Menghentikan makan

Jika Anda mengalami asam lambung naik dan terasa membakar bagian dalam dada saat sedang makan, segera hentikan aktivitas makan Anda. Terlebih lagi, hentikan memakan makanan yang mengandung tinggi minyak. Makanan yang  tinggi minyak bisa memperparah kondisi penyakit asam lambung karena lambung akan terus memproduksi asam dan bisa semakin memperbesar terjadinya refluks. Jangan juga Anda konsumsi makanan yang bisa memperparah kondisi asam lambung naik seperti kopi, cokelat, alkohol, dan makanan pedas.

9. Longgarkan pakaian area perut

Ketika asam lambung naik ke dada, segera longgarkan pakaian area perut. Baik baju maupun celana, usahakan untuk tidak menekan area perut untuk menghindari efek yang lebih buruk. Ya, kondisi perut yang terlalu tertekan oleh pakaian terutama celana yang ketat juga bisa memperbesar terjadinya refluks. Hal ini pun juga berlaku untuk membuat perut terhindar dari gerakan yang bisa membuat kondisi lebih buruk. Gerakan yang menekan perut seperti naik tangga, atau juga membungkuk akan membuat perut dan area ulut hati semakin merasakan sakit. Sebaiknya, ketika gejala asam lambung naik menyerang maka langsung longgarkan pakaian area perut dan juga terduduk santai tanpa aktivitas.

10. Tidur

Jika gejala asam lambung terasa sangat menyiksa dan membuat Anda tidak bisa menjalankan aktivitas, maka tidur menjadi cara penyembuhan yang sangat baik. Tubuh yang memiliki waktu tidur yang cukup akan membantu gejala asam lambung naik segera hilang. Hal ini lantaran tubuh akan terus mengurangi produksi hormon stres. Perlu diketahui, hormon stres yang berlebih merupakan salah satu penyebab terbesar yang bisa membuat terjadinya refluks.

11. Meninggikan posisi tidur

Meninggikan posisi tidur

Jika memiliki waktu untuk tidur demi mengatasi penyakit asam lambung, ada baiknya untuk meninggikan posisi tidur. Buatlah diri Anda tertidur dengan posisi seperti setengah terduduk. Tinggikan area mulai dari pinggang hingga kepala untuk membuat tubuh dan perut merasa nyaman.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai cara mengatasi asam lambung naik ke dada. Jika Anda tidak ingin mendapatkan kerusakan lambung dan esofagus, sebaiknya jangan anggap remeh penyakit asam lambung. Saat gejala asam lambung terasa, segera lakukan beberapa cara di atas untuk atasi penyakit tersebut agar tidak berubah menjadi lebih parah. Jangan sampai, penyakit yang tadinya mudah untuk diatasi dan disembuhkan bisa berubah menjadi kompikasi dan membuat Anda memiliki tingkat harapan hidup yang lebih pendek.

Buatlah perubahan gaya hidup khususnya dalam hal pemilihan menu makanan. Periksakan diri Anda jika terlalu sering mengalami asam lambung naik ke dada. Dan yang terpenting, selalu konsisten lakukan cara-cara mengatasi penyakit asam lambung agar benar-benar sehat dan terbebas dari nyeri di dada dan ulu hati.