10 Rahasia Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

10 Rahasia Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang banyak orang di dunia. Kondisi melimpahnya kadar asam yang diproduksi bisa menyebabkan banyak hal seperti naiknya gas asam ke esofagus atau disebut refluks, melukai dinding lambung, dan juga bisa pula menyebabkan gangguan pencernaan. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit asam lambung ini sebenarnya tidak terlalu membahayakan nyawa. Namun jika tidak diatasi dengan baik, bisa jadi hal ini akan berubah semakin parah dan bisa menyebabkan komplikasi.

Beberapa gejala yang muncul dari penyakit asam lambung ini walau tidak terlalu berbahaya namun memang sangat menyiksa. Contohnya seperti mual hebat, rasa sakit dibagian ulu hati dan naik ke dada, adanya rasa tidak enak pada kerongkongan, hingga menyebabkan susah menelan. Gejala yang membuat tidak nyaman ini harus segera diobati. Menariknya, siapapun bisa menerapkan cara menurunkan asam lambung tanpa obat yang terbukti ampuh, mudah dilakukan, dan juga murah.

Tahukah Anda seperti apa rahasia menurunkan asam lambung tanpa menggunakan obat?

Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Penggunaan obat untuk segera menetralkan asam lambung dan juga mengobati gejala penyakit asam lambung memang tidak salah. Obat yang bisa dibeli dari apotek atau bahkan di toko-toko terdekat memang bisa dijadikan pertolongan pertama. Namun, jika bisa mengupayakan penurunan kadar asam lambung tanpa obat tentunya bisa sangat menolong tanpa ada efek samping yang perlu ditakutkan. Dan juga, upaya penurunan kadar asam lambung tanpa obat juga sangatlah murah bahkan tidak perlu mengeluarkan uang.

Selain itu, pentingnya diketahui bagaimana cara menurunkan asam lambung tanpa obat agar ketika sedang berada di lokasi yang jauh dari toko obat maka tetap bisa melakukan hal-hal yang tepat. Hal ini menjadi penting lantaran gejala penyakit asam lambung memang sangat menyiksa dan sangat menggangu aktivitas apapun sehingga memang harus segera disembuhkan. Sehingga, jika tejadi masalah kadar asam lambung berlebih maka Anda tidak harus selalu bergantung pada obat dan bisa melakukan penanganan yang tepat agar asam lambung segera netral dan gejala penyakit ini mereda.

Perubahan Gaya Hidup

Kunci utama dalam cara menurunkan asam lambung tanpa obat adalah perubahan gaya hidup. Hal ini perlu sekali dimengerti oleh banyak orang yang kerap memiliki serangan penyakit asam lambung. Ya, salah satu penyebab yang paling besar terjadinya asam lambung berlebih adalah soal gaya hidup. Mulai dari menu makanan yang masuk ke tubuh, jadwal makan, dan juga sejumlah hal lain terkait gaya hidup yang bisa menyebabkan kerja lambung menjadi tidak optimal dan bahkan mengalami kerusakan. Untuk membuat Anda paham apa saja perubahan gaya hidup yang harus dilakukan, berikut ini akan ditampilkan rahasia menurunkan kadar asam lambung dalam tubuh:

1. Memperhatikan menu makanan

Penyakit asam lambung membutuhkan ekstra perhatian penderitanya untuk bisa memilih makanan yang tepat. Beberapa makanan tergolong menjadi penyebab terjadinya penyakit asam lambung atau dengan kata lain menaikan kadar asam lambung sehingga menjadi berlebihan. Sebaiknya, untuk Anda yang memiliki penyakit asam lambung maka hindari makanan yang tinggi lemak. Makanan yang tinggi lemak membuat kerja lambung menjadi lebih berat dan terus memproduksi kadar asam. Gantilah makanan yang tinggi lemak dengan makanan yang rendah lemak dan perhatikan pula cara memasaknya. Kedua, hindari juga makanan yang rasanya masam, terlalu pedas, dan juga tinggi garam. Makanan seperti ini juga akan membuat kadar asam dilambung menjadi tinggi.

2. Makan tepat waktu

Ada dua hal yang termasuk anjuran makan tepat waktu. Pertama, jika memiliki penyakit asam lambung kambuhan maka jangan sampai Anda melewatkan jadwal makan harian baik itu pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Melewatkan jadwal makan akan membuat kadar asam di lambung menjadi tinggi karena tidak terpakai akibat tidak adanya makanan yang masuk. Yang kedua, ketepatan waktu makan juga bisa Anda atur jika sering mengalami penyakit asam lambung kambuhan. Jika makan tepat waktu saja tidak cukup, buatlah Anda makan sesering mungkin dengan porsi yang lebih disesuaikan. Misalnya, Anda bisa makan sehari dalam 4 atau 5 kali namun porsinya lebih sedikit dari biasanya. Hal ini akan menstimulasi lambung bekerja lebih baik dan sangat efektif untuk mengurangi asam lambung berlebih.

3. Cukup waktu tidur

Mencukupkan waktu tidur perharinya juga sangat penting dalam upaya menurunkan kadar asam di lambung tanpa obat. Apa hubungannya? Tidur yang cukup setiap hari akan membuat tubuh tidak memproduksi hormon stres yang berlebihan. Hormon stres ini juga bersifat asam dan dapat memperburuk keadaan lambung terlebih lagi bagi orang yang memiliki penyakit asam lambung. Sebenarnya, bukan hanya sekadar mencukupkan waktu tidur harian saja. Perlu juga dilakukan sejumlah aktivitas yang dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat dan pikiran tidak stres seperti contohnya melakukan yoga, relaksasi dengan meditasi, rekreasi ke tempat terbuka, atau bisa juga berolahraga ringan.

4. Konsisten

Ketiga hal perubahan gaya hidup tadi harus dilakukan secara konsisten. Hal ini sangat penting digarisbawahi lantaran banyak orang yang hanya berupaya menurunkan kadar asam lambung hingga sembuh saja. Padahal, jika meninggalkan pola hidup sehat terutama ketiga hal diatas maka bisa jadi penyakit asam lambung akan kembali menyerang dan terus berulang hingga menyebabkan kondisi yang lebih parah di lambung dan esofagus.

Tips Menurunkan Asam Lambung Dengan Cepat

Selain perubahan gaya hidup, terdapat pula cara menurunkan asam lambung tanpa obat yang wajib dilakukan segera ketika gejalanya terasa. Ya, asam lambung berlebih yang menyebabkan beberapa gejala menyiksa tubuh memang harus segera ditanggapi dengan baik agar kadar asam segera menurun dan gejalanya mereda. Beberapa hal menurunkan kadar asam lambung ketika gejala penyakit asam lambung menyerang memang sangat penting dilakukan. Hal ini menjadi penting untuk menghindari efek berbahaya ketika gejala asam lambung menyerang seperti hilangnya konsentrasi akibat rasa sakit yang tidak tertahankan, hingga menyebabkan peradangan dan luka di dinding lambung. Beberapa hal yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

5. Menenangkan pikiran

pikiran tenang atasi maag

 

Seperti yang telah dijelaskan tadi, hormon stres dapat memperburuk kondisi asam lambung berlebih pada tubuh. Maka dari itu, tips pertama untuk menurunkan kadar asam lambung ketika gejalanya mulai terasa adalah berusaha menenangkan diri. Apapun caranya, buat diri Anda segera rileks dan tenang agar tubuh tidak memproduksi hormon stres berlebihan. Beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya adalah meninggalkan aktivitas, berbaring dan juga melonggarkan pakaian area perut. Ketiganya sangat penting dilakukan untuk membuat gejala asam lambung cepat mereda dan kadar asam pun juga cepat turun.

6. Mengunyah permen karet

Tips kedua yang perlu dicoba ketika gejala asam lambung mulai terasa adalah mengunyah permen karet. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa permen karet ternyata merupakan cara terbaik untuk menurunkan kadar asam dalam lambung. Hal ini lantaran  permen karet bisa merangsang produksi air liur di dalam mulut. Air liur yang bersifat basa tersebut sangatlah baik untuk membuat kadar asam menjadi cepat berkurang.

Kunyahlah permen karet dengan jangka waktu lama misalnya selama 30 menit baik ketika gejala menyerang maupun menjadi kebiasaan setelah makan. Namun, ada satu hal penting yang harus diperhatikan. Permen karet yang baik untuk membuat asam lambung menurun dengan produksi air liur berlebih ini adalah permen karet yang bebas gula dan bukan jenis permen karet mint. Jika menggunakan permen karet sembarangan terutama permen karet mint, maka justru bisa menyebabkan terjadinya kenaikan gas asam ke kerongkongan atau biasa disebut refluks.

7. Ramuan baking soda

Ada juga cara cepat untuk menetralkan asam lambung dengan ramuan baking soda. Banyak orang yang sudah terbiasa menggunakan baking soda sebagai penolong ketika terjadi kenaikan asam lambung atau terjadinya penyakit asam lambung. Baking soda sejumlah satu sendok makan yang dicampur dengan air satu gelas bisa menjadi obat rumahan terbaik demi asam lambung menjadi netral. Ramuan ini bisa diminum hingga 4 kali sehari terutama setelah makan untuk menghindari adanya kemungkinan gejala asam lambung menyerang. Sebaiknya, minum ramuan baking soda ini sekitar 1 jam setelah makan.

8. Ramuan jahe

Jika tadi telah diberikan ramuan yang bisa diminum setelah makan, penting juga diperhatikan ramuan rumahan yang bisa diminum sebelum makan. Ramuan yang dimaksud adalah ramuan jahe. Buatlah ramuan dengan menggunakan bahan rempah yang satu ini untuk membuat air jahe yang sangat baik diminum sebelum makan. Tujuannya, ramuan jahe ini akan membuat lambung menjadi kosong dan menjadi langkah antisipasi kenaikan asam lambung setelah santap makan.

9. Ramuan kunyit

Sama halnya dengan jahe, bisa juga Anda membuat dan mengkonsumsi ramuan kunyit. Ramuan ini juga bisa membuat kondisi lambung menjadi lebih baik dan gejala asam lambung juga bisa segera mereda. Cukup siapkan kunyit segar, parut, dan buatlah air kunyit dari perasan tersebut maka Anda sudah bisa memiliki ramuan yang terbukti efektif untuk atasi penyakit asam lambung.

10. Menghindari makanan yang terkenal membuat katup lambung rileks

7 Pantangan Makanan Sakit Maag

Selain menurunkan kadar asam lambung, Anda pun dilarang mengkonsumsi makanan yang bisa membuat katup lambung rileks. Bagi Anda yang belum tahu, terjadinya refluks atau naiknya gas asam ke kerongkongan terjadi lantaran katup lambung yang menjadi pintu masuk antara kerongkongan dan lambung tidak mampu menghadang kadar asam. Akibatnya, kadar asam bisa naik ke tempat yang bukan semestinya dan menyebabkan rasa sakit di ulu hati dan kerongkongan. Yang harus Anda ketahui, ada beberapa makanan yang bisa membuat katup lambung menjadi rileks dan membuat kemungkinan refluks semakin besar. Makanan yang dimaksud contohnya seperti cokelat, makanan yang terlalu pedas, minuman beralkohol, dan juga kopi.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai rahasia cara menurunkan asam lambung tanpa obat. Cara-cara tadi sangat penting untuk diperhatikan agar kadar asam lambung segera menurun atau netral dan juga demi menghindari efek buruk akibat asam lambung berlebih. Namun, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika terasa penyakit asam lambung semakin parah dan gejalanya semakin menyiksa. Hal ini menjadi penting lantaran penyakit asam lambung kronis bisa jadi tidak bisa disembuhkan dengan cara-cara biasa dan memerlukan bantuan dokter untuk menyembuhkannya.