Ciri Ciri Maag Kronis Dan Asam Lambung Yang Wajib Anda Ketahui

Ciri Ciri Maag Kronis Dan Asam Lambung Yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai Ciri Ciri Maag Kronis Dan Asam Lambung Yang Wajib Anda Ketahui

Maag merupakan penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan yang paling banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Penderitanya tidak hanya orang dewasa, namun juga anak-anak, remaja dan juga orang tua. Telat makan sebentar saja rasanya perut menjadi sangat sakit hingga tidak bisa bergerak, untuk minum saja rasanya sangat sakit. Lalu sebenarnya apakah maag tersebut dapat disebut sebagai maag kronis atau maag akut? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, anda harus tahu asal usul kata “maag” terlebih dahulu.

Sebenarnya maag merupakan istilah dari bahasa Belanda yang memiliki arti lambung. Jika dalam bahasa medis, penyakit ini disebut sebagai gastritis yang memiliki arti peradangan lambung. Ada orang yang dapat sembuh dengan cepat tanpa minum obat apapun ketika terkena maag, namun ada juga orang yang tidak bisa bergerak dan harus minum obat untuk meredakan sakitnya. Namun perlu anda ketahui bahwa maag dan penyakit asam lambung adalah dua hal yang berbeda, karenanya ciri ciri maag kronis dan asam lambung juga berbeda.

Ciri Ciri Maag Kronis Dan Asam Lambung Yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan Maag Akut Dan Maag Kronis

Penyakit maag tidak boleh dianggap sepele, karena maag dapat menurunkan produktivitas seseorang. Apabila tidak ditanggapi dengan serius, maag dapat berkembang menjadi penyakit yang berbahaya dan bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada lambung. Lalu seperti apa maag yang disebut dengan maag akut dan maag kronis? Berikut adalah perbedaan maag akut dan juga maag kronis.

  1. Maag akut

Maag akut terjadi karena adanya peradangan pada bagian dinding dalam lambung yang bercirikan adanya pengikisan di permukaan dinding tersebut. Penyebutan kata akut sendiri untuk menggambarkan penyakit maag yang datang dengan tiba-tiba dan dapat sembuh hanya dalam waktu yang singkat. Maag akut memberikan rasa sakit yang kuat dan juga tajam.

  1. Maag kronis

Maag kronis terjadi ketika ada peradangan dibagian dalam dinding lambung. Peradangan tersebut bisa terjadi hanya di permukaan dinding atau di seluruh lapisan dinding lambung. Kata kronis sendiri menggambarkan penyakit maag yang bersifat jangka panjang dan berulang atau kambuhan. Maag kronis apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menjadi bertambah parah dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Faktor Terjadinya Maag

Sebelum masuk ke dalam penjelasan ciri ciri maag kronis dan asam lambung, anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit maag, yaitu maag akut dan juga maag kronis. Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit maag seperti maag akut, beberapa diantaranya adalah konsumsi obat-obatan NSAID (Non Steroid Anti Inflamatory Drug), minuman beralkohol, makanan  pedas, minumam yang mengandung kafein, terlambat makan atau makan tidak teratur dan juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan serta minuman yang banyak mengandung bahan kimia seperti pengawet dan pewarna makanan.

Hal tersebut menyebabkan maag akut menjadi muncul dan menyebabkan iritasi pada permukaan dinding lambung. Sedangkan maag kronis sendiri berbeda faktor penyebabnya dengan maag akut, karena maag kronis disebabkan oleh bakteri yang disebut sebagai H. pylori.

Ciri-Ciri Maag Kronis

Ciri ciri maag kronis dan asam lambung tidak boleh diabaikan begitu saja. Karena sebenarnya maag kronis merupakan kondisi yang selalu timbul secara tidak terduga, begitu juga dengan asam lambung. Sebelum menjelaskan asam lambung beserta cirinya, akan dijelaskan terlebih dahulu ciri-ciri maag kronis yang harus anda ketahui.

  1. Tubuh menjadi lemah

Ketika menderita maag kronis, tubuh akan menjadi terasa lemah, tidak dapat beraktivitas akibat rasa sakit yang melanda. Tubuh tidak dapat mendapat asupan makanan dengan baik karena untuk minum saja rasanya sudah sakit, apalagi jika harus mengkonsumsi makanan berat.

  1. Sakit perut bagian atas

Ciri ini merupakan ciri yang paling sering muncul ketika maag kronis menyerang. Biasanya rasa sakit muncul seperti rasa perih, tidak nyaman dan juga rasa melilit pada perut. Hal ini terjadi akibat munculnya pembengkakan dibagian selaput perut. Ketika perut terasa sangat sakit, untuk makan saja rasanya sulit, jika hal tersebut terjadi maka tubuh akan kekurangan nutrisi.

  1. Kembung

Perut kembung muncul karena adanya peradangan yang terjadi di lambung. Ketika lambung terlalu banyak memproduksi asam, maka asam lambung tersebut akan naik hingga ke perut bagian atas. Hal inilah yang akan memicu timbulnya rasa kembung. Ketika kembung, maka perut akan terasa tidak nyaman karena akan merasa sulit untuk buang gas dan juga perut menjadi perih.

  1. Sendawa

Sendawa merupakan sebuah akumulasi dari penumpukan angin yang terlalu banyak berada di perut. Seperti yang disebutkan di atas bahwa ketika maag akan muncul tekanan pada perut, tekanan tersebut juga akan menimbulkan gas dalam perut tertekan hingga akhirnya keluar dan menjadi sendawa.

  1. Mual muntah

Ketika perut sudah terasa sangat sakit, tak jarang akan timbul rasa mual dan akhirnya menjadi muntah. Mual dan muntah disebabkan karena asam lambung yang terlalu banyak berada di perut, asam lambung yang terlalu banyak akan naik ke atas dan membuat rasa tidak nyaman di saluran pencernaan bagian atas hingga akhirnya muntah.

Perawatan Maag Kronis

                Perawatan yang harus dilakukan disesuaikan dengan kondisi maag yang terjadi. Apabila penderita maag kronis tidak dapat mengkonsumsi makanan apapun, maka lebih baik untuk membawanya segera ke rumah sakit terdekat. Dengan begitu penderita maag akan mendapatkan penanganan medis yang tepat dan juga cepat. Penderita maag dianjurkan untuk tidak makan dengan cepat, karena makan yang terlalu cepat akan memicu produksi asam lambung menjadi lebih cepat juga.

Alangkah baiknya jika makan dengan perlahan-lahan dan juga meminum air putih lebih banyak agar bisa menetralisir asam lambung di perut. Kemudian hindari makanan yang pedas dan juga asam. Karena kedua jenis makanan tersebut dapat memperparah rasa sakit dan akan meningkatkan peradangan pada lambung. Sebisa mungkin hindari minuman beralkohol, rokok dan juga mengkomsi obat maag sebelum berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Apabila anda mengkonsumsi obat-obatan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu, maka bisa saja obat tersebut malah memperburuk kondisi maag anda yang sudah parah.

Maag Kronis Dan Penyakit Asam Lambung

Selain harus mengetahui apa itu maag kronis dan juga penyakit asam lambung, tentunya anda juga harus mengetahui ciri ciri maag kronis dan asam lambung agar tahu apa yang sebenarnya tubuh anda alami. Dengan begitu anda bisa memberikan penanganan yang tepat dan dapat sembuh dengan lebih cepat. Penjelasan mengenai maag kronis sudah disebutkan dengan lengkap di atas, saat ini akan dibahas secara lebih mendalam terkait penyakit asam lambung.

Penyakit yang disebabkan oleh asam lambung biasa dikenal dengan nama GERD (Gastroesophageal Reflux Disease ). Penyakit ini ditandai dengan adanya rasa nyeri di ulu hati atau rasa terbakar di bagian dada. Rasa nyeri di dada ini akibat asam lambung yang naik menuju esofagus atau kerongkongan. Sama seperti penyakit maag, penyakit asam lambung merupakan penyakit yang paling sering di derita oleh masyarakat Indonesia. Maka tidak heran apabila kasus terjadinya maag kronis dan penyakit asam lambung di Indonesia sangat banyak.

Penyebab Dan Ciri Penyakit Asam Lambung

GERD atau penyakit asam lambung biasanya disebabkan oleh LES (lower esophageal sphinchter) yang tidak berfungsi dengan baik. LES sendiri merupakan otot yang terletak di bagian bawah esofagus, LES memiliki fungsi sebagai pintu otomatis yang akan membuka dan menutup ketika ada makanan atau minuman yang akan masuk ke dalam perut. Ketika makanan dan minuman sudah masuk ke dalam perut, maka LES akan menutup sehingga asam lambung tidak naik ke esofagus. Apabila LES tidak berfungsi dengan baik, maka asam lambung yang muncul dapat naik dan keluar dari lambung sehingga bisa mencapai esofagus. Ketika hal tersebut terjadi, maka asam lambung dapat melukai esofagus.

Asam lambung yang meningkat sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah ketika makan, lalu ketika sedang stress, kelebihan berat badan, faktor keturunan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, hiatus hernia, mengkonsumsi makanan yang berlemak terlalu banyak dan juga hamil. Gejala atau ciri-ciri yang muncul ada banyak. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Rasa terbakar di dada dan atau di ulu hati. Hal tersebut menyebabkan konsumsi makanan menjadi tidak nyaman.
  2. Rasa sakit ketika akan menelan makanan. Ketika tidak dapat menelan dengan baik, tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup karena penderita penyakit asam lambung tidak mau makan karena rasa sakit yang dideritanya ketika menelan.
  3. Asam lambung akan naik hingga ke kerongkongan dan juga mulut, kejadian tersebut menyebabkan munculnya rasa asam dan juga pahit.
  4. Ada rasa mengganjal di kerongkongan saat akan menelan makanan.
  5. Adanya peradangan di laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorakan terasa sakit dan suara akan menjadi parau.
  6. Frekuensi batuk kering meningkat terutama pada malam hari.
  7. Gigi menjadi rusak akibat terkena asam lambung yang naik hingga ke mulut.
  8. Bau nafas tidak enak akibat asam lambung.
  9. Jumlah air liur meningkat dan menjadi lebih banyak daripada biasanya.
  10. Perut terasa kembung dan sering bersendawa.

Perbedaan Maag Kronis Dan Penyakit Asam Lambung

Seperti itulah ciri ciri maag kronis dan asam lambung, memang sekilas terlihat sama. Namun ada beberapa perbedaan yang terlihat dari maag kronis dan juga penyakit asam lambung. Maag sendiri merupakan peradangan pada lambung yang menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri ini dapat datang dan hilang sewaktu-waktu. Ketika maag tidak diobati dengan baik, maka penyakit maag tidak dapat sembuh secara permanen akibat luka dan juga radang yang muncul di dinding lambung.

Penyebabnya yang paling utama adalah menunda makan sehingga tidak pernah makan secara teratur. Kebiasaan buruk itulah yang memicu timbulnya maag kronis. Sedangkan penyakit asam lambung atau GERD muncul karena asam lambung naik hingga ke kerongkongan akibat LES yang tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut menimbulkan rasa terbakar di dada dan dapat mengiritasi kerongkongan. Apabila tidak segera diberikan penanganan yang tepat, maka asam lambung dapat merusak gigi, pita suara dan juga organ-organ tubuh lainnya yang dapat membahayakan jiwa.