Daftar Makanan Penyebab Maag Kambuh

Daftar Makanan Penyebab Maag Kambuh

9 Daftar Makanan Penyebab Maag Kambuh

Makanan yang tepat bisa sangat membantu agar maag tidak kambuh lagi. Ya, penyakit maag memang disebabkan salah satunya karena makanan yang bisa menyebabkan kadar asam lambung naik. Memang benar, maag tidak hanya disebabkan oleh faktor makanan. Ada juga faktor lainnya seperti misalnya terlalu stres, kelebihan berat badan, faktor keturunan, dan lain sebagainya.

Namun, penyebab utama yang sering terjadi ketika seseorang mengalami maag adalah adanya makanan yang memang seharusnya dihindari. Tahukah Anda apa saja daftar makanan penyebab maag kambuh? Sebenarnya, setiap orang bisa jadi memiliki makanan penyebab sakit maag yang berbeda-beda. Belum tentu, suatu jenis makanan yang bisa menyebabkan maag bagi seseorang akan juga memiliki dampak yang sama untuk orang lain. Namun, paling tidak Anda harus mengetahui beberapa daftar makanan yang memang sangat sering menjadi penyebab maag kambuh.

Daftar Makanan Penyebab Maag Kambuh

Daftar Makanan Penyebab Maag Menjadi Kambuh

Berikut ini akan ditampilkan daftar makanan penyebab maag kambuh. Di bawah ini telah dipilih apa saja makanan yang memang kerap memberikan dampak langsung menaikkan asam lambung sehingga menyebabkan nyeri pada ulu hati dan gejala maag lainnya. Penasaran seperti apa saja makanan yang umumnya dapat menyebabkan maag bagi banyak orang? Inilah dia daftar lengkapnya:

1. Makanan tinggi lemak

Daftar makanan pertama yang paling sering menjadi penyebab maag kambuh adalah makanan berlemak. Banyak orang yang tidak tahu bahwa makanan tinggi lemak merupakan salah satu penyebab penyakit maag. Memang benar, makanan tinggi lemak tidak mengandung tinggi asam. Namun, tingginya lemak bisa membuat lambung memproduksi asam lebih tinggi dan bekerja terlalu keras. Selain itu, makanan tinggi lemak juga akan sangat cepat membuat perut menjadi buncit. Kondisi perut buncit ini juga akan memberikan tekanan pada lambung dan bisa memperburuk kondisi lambung.

Beberapa makanan yang tinggi lemak sangat perlu diperhatikan. Makanan tinggi lemak bukan hanya sekadar makanan yang diolah dengan cara digoreng. Ya, banyak orang yang masih salah kaprah dengan makanan tinggi lemak. Padahal, ada beberapa makanan yang memang terlihat aman dan sehat namun tidak baik untuk penderita penyakit maag kambugan. Contohnya saja alpkuat, kacang dan keju. Makanan ini terlihat seperti makanan biasa yang aman untuk dikonsumsi. Padahal, jika terlalu sering dikonsumsi dan terlalu banyak porsinya tentu saja akan menyebabkan banyaknya lemak yang masuk ke tubuh. Selain itu, ada juga beberapa makanan lainnya yang juga harus diperhatikan karena tinggi kandungan lemaknya seperti daging iga, keripik kentang, brownie, kue yang mengandung butter, dan daging berlemak.

 

2. Makanan pedas

Untuk kategori makanan penyebab maag kambuh yang kedua ini sudah banyak diketahui masyarakat luas. Ya, umumnya penderita maag akan dilarang mengkonsumsi makanan pedas terutama yang memiliki tingkat rasa pedas yang tinggi. Cabai memang dikenal sebagai salah satu bahan yang harus dihindari lantaran memiliki kandungan asam yang tinggi dan sangat cepat untuk menyebabkan nyeri ulu hati. Selain itu, makanan pedas juga sangat besar potensinya untuk mengiritasi lapisan kerongkongan. Yang perlu diperhatikan, makanan pedas yang dimaksud di sini bukanlah sekadar cabai utuh saja. Makanan yang diolah menggunakan bahan dasar cabai termasuk juga saus pedas pun juga harus dihindari.

Untuk penggantinya, Anda bisa menggunakan bahan pedas lainnya seperti merica atau saus tomat. Walaupun, penggunaanya juga harus dibatasi karena kedua hal tersebut juga mengandung asam dan bisa memperburuk kondisi lambung termasuk juga menyebabkan maag menjadi kambuh.

 

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol juga wajib untuk dihindari. Minuman ini akan membuat kondisi otot pada katup yang ada diantara esofagus dan lambung menjadi lemas. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya refluks. Bagi Anda yang belum tahu, refluks merupakan kondisi di mana asam akan naik ke atas atau ke kerongkongan dan menyebabkan nyeri yang sangat menyiksa. Hal yang terpenting untuk dihindari adalah meminum minuman beralkohol setelah makan. Efeknya akan sangat cepat dalam menyebabkan maag menjadi kambuh.

Apapun jenis minuman beralkohol yang Anda gemari seperti bir, koktail, atau wine memang harus dihindari karena akan sangat cepat menaikkan asam lambung. Hal ini sebenarnya sangat mudah dipahami oleh banyak orang. Kerja lambung akan semakin berat dan akan memproduksi banyak asam lambung agar bisa memecah minuman beralkohol yang masuk. Sebenarnya, bukan hanya minuman beralkohol saja. Makanan yang mengandung alkohol seperti tape pun juga bisa menyebabkan asam lambung naik.

 

4. Buah-buahan masam

Makanan yang bisa menyebabkan maag kambuh selanjutnya adalah buah-buahan masam. Buah yang sejatinya merupakan bahan makanan yang baik untuk tubuh ternyata tidak bisa sembarang dikonsumsi. Seperti tadi contohnya, buah alpukat memang memiliki kandungan yang sangat baik namun karena tingginya kadar lemak tentu saja tidak dianjurkan untuk banyak dikonsumsi oleh penderita maag. Terlebih lagi untuk buah-buahan yang bersifat masam, sudah pasti harus dihindari lantaran akan semakin menumpuk kadar asam dalam lambung.

Beberapa buah-buahan yang bersifat masam antara lain seperti jeruk, lemon, dan juga anggur. Mangga yang terlalu muda pun juga harus dihindari karena tingginya tingkat keasaman.

 

5. Sayuran bersifat asam

Tidak hanya buah-buahan saja, sayuran yang bersifat masam pun juga harus dihindari. Sebenarnya, tidak terlalu banyak sayuran yang harus dihindari. Yang paling sering dikonsumsi atau paling berpotensi membuat seseorang mengalami maag ketika memakan sayuran adalah salad sayuran yang telah ditambahkan cuka. Sayuran yang bersifat masam akan sangat berbahaya terutama jika dikonsumsi ketika Anda belum makan atau dengan kata lain perut dalam keadaan kosong.

 

6. Permen mint

Permen mint juga merupakan makanan yang bisa menyebabkan kambuhnya penyakit maag. Banyak orang yang tidak menyadarinya lantaran permen dianggap sebagai makanan ringan yang tidak memiliki dampak apapun termasuk menjadi penyebab sakit maag. Perlu diketahui, permen mint hampir sama efeknya seperti mengkonsumsi alkohol. Walaupun tidak sama parahnya dengan minuman beralkohol, namun permen mint juga bisa menyebabkan otot singfer menjadi lemas. Otot ini berada diantara kerongkongan dan lambung dan merupakan otot pada katup. Katup ini seharusnya bisa menutup secara otomatis agar kadar asam dalam lambung tidak naik ke atas atau tidak terjadi reaksi refluks.

Menariknya, permen ternyata juga sangat baik untuk meredakan maag akibat asam lambung berlebih. Namun, permen yang dimaksud bukanlah permen mint dan juga harus tergolong permen karet. Permen karet bebas gula dan bukan terbuat dari bahan mint bisa menjadi obat asam lambung naik karena ketika Anda mengunyahnya maka bisa menyebabkan penurunan kadar asam akibat air liur yang banyak diproduksi. Mengunyah permen karet dapat memproduksi air liur yang notabene bersifat basa sehingga sangat baik untuk menetralkan kadar asam lambung berlebih.

 

7. Minuman mengandung kafein

Beberapa orang akan langsung mengalami maag ketika ada makanan atau minuman seperti, kopi, teh dan juga minuman bersoda masuk ke tubuh. Terlebih lagi untuk minuman yang berkafein tinggi seperti kopi. Efek yang ditimbulkan sangatlah cepat untuk membuat perut terasa melilit, nyeri ulu hati, dan gejala maag lainnya. Banyak orang yang benar-benar tidak bisa lagi mengkonsumsi kopi dan beberapa makanan yang telah disebutkan tadi.

Namun, sebagian lainnya baru merasakan maag ketika menkonsumsinya dalam jumlah banyak. Sehingga, makanan dan minuman mengandung kafein tidak selalu memberikan efek buruk pada lambung dan menyebabkan maag. Hanya saja, untuk orang yang langsung memiliki dampak langsungnya harus benar-benar menghindarinya dan untuk orang yang masih bisa menerima kafein harus mengontrol kafein yang masuk ke tubuh.

 

8. Cokelat

Cokelat pun hampir juga bisa menyebabkan otot stingfer menjadi lemas dan bisa menyebabkan terjadinya refluks. Asam lambung bisa dilepaskan ke esofagus lantaran katup yang seharusnya menghalangnya menjadi lemas dan tidak berfungsi optimal. Makanan yang mengandung juga harus dihindari. Bukan hanya sekadar makanan berupa sebuah bar cokelat saja, namun makanan olahan yang terbuat dari bahan cokelat juga sebaiknya tidak dikonsumsi jika tidak ingin kambuh maag.

 

9. Makanan tinggi gas

Makanan tinggi gas akan menambah kemungkinan terjadinya refluks dan dapat menaikkan asam lambung secara berlebihan. Beberapa makanan yang terkenal memiliki kandungan gas yang tinggi antara lain seperti brokoli, durian, kubis, kecambah, dan kacang-kacangan. Namun makanan tersebut jika masih terkontrol dan tidak dimakan dalam jumlah terlalu banyak umumnya masih tetap aman untuk dikonsumi para penderita maag.

Menjaga Pola Hidup Sehat

Selain memperhatikan soal makanan penyebab maag kambuh, penderita maag kambuhan juga harus menjaga pola hidup sehat. Ya, biasanya akan menjadi percuma jika makanan yang dikonsumi telah dipilih yang terbaik dan tidak termasuk penyebab maag namun pola hidup sehat tidak terjaga. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Pertama, pola makan haruslah teratur dan tepat waktu.

pikiran tenang atasi maag

Untuk para penderita maag, melewatkan jam makan sangat bisa menyebabkan terjadinya produksi asam lambung berlebih dan bisa menyebabkan gejala maag segera menyerang. Bukan hanya itu, atur juga jam makan menjadi lebih sering namun dengan porsi yang sedikit agar lambung tetap terjaga kesehatannya. Yang kedua, mengelola stres juga harus dilakukan. Selain memperhatikan menu makanan harian, harus juga dilakukan pengendalian stres yang baik.

Hal ini demi menghindari produksi hormon stres yang berlebihan yang memang dapat memperparah kondisi lambung. Dan ketiga, perlu juga memiliki tidur yang cukup setiap harinya. Memiliki waktu tidur yang cukup juga bertujuan untuk membuat hormon stres tidak diproduksi berlebihan dan juga menjaga kesehatan organ tubuh.

Setelah mengetahui apa saja daftar makanan penyebab maag kambuh dan juga tips tambahan soal menjaga pola hidup sehat, saatlah Anda untuk terus membulatkan tekad untuk sembuh. Ya, penyakit maag memang dianggap sebagai penyakit yang sepele oleh banyak orang. Padahal jika dibiarkan terus terjadi, maka bisa terjadi hal-hal yang memang tidak diharapkan seperti terjadinya luka pada dinding lambung, peradangan pada dinding lambung dan kerongkongan, dan penyembuhannya bisa jadi harus melalui meja operasi.

Untuk itu, selalu usahakan konsisten untuk menghindari makanan penyebab maag dan juga terus memiliki pola hidup yang sehat. Agar nantinya Anda terbebas dari sakit maag dan tidak lagi merasakan gejala sakit maag yang menyiksa.