Obat Alami Asam Lambung dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Juga Bumbu Dapur

Obat Alami Asam Lambung dari Tumbuhan

Obat Alami Asam Lambung dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Juga Bumbu Dapur

Asam lambung atau yang biasa disebut dengan sakit maag, bisa diderita oleh siapa saja. Penyebab seseorang menderita asam lambung adalah makan yang tidak teratur, makan-makanan yang pedas dan sebagainya. Orang-orang yang menderita asam lambung suka menganggap sepele penyakit ini, padahal penyakit ini akan sangat mematikan bila tidak ditangani segera mungkin. Untuk mengobati penyakit ini, terdapat dua pilihan, yaitu berobat ke dokter dan mendapatkan perawatan medis lengkap dan tentunya dengan biaya yang cukup besar atau mengobati asam lambung di rumah, dengan bahan-bahan alami seperti tumbuhan, dengan biaya yang relatif murah.

Dari kedua jenis pengobatan tersebut, masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungan yang didapat ketika anda berobat ke dokter adalah anda tidak perlu repot-repot membuat obat asam lambung anda sendiri, anda hanya tinggal meminum obat yang diberikan oleh dokter. Untuk kekurangannya sendiri, obat dokter yang anda konsumsi tentunya dapat memberikan efek samping, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan kekurangannya satu lagi yaitu, biaya yang harus anda keluarkan juga tidak sedikit. Sedangkan, bagi anda yang memilih obat alami asam lambung dari tumbuhan, kelebihannya adalah obat-obat yang anda buat di rumah ini tidak akan meninggalkan efek samping karena bahan-bahannya yang memang alami.

Anda juga tidak perlu pergi ke dokter karena anda dapat membuatnya sendiri di rumah dan tentunya biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibanding anda harus ke dokter. Namun, obat-obatan alami ini juga mempunyai kekurangan, yaitu dibutuhkan waktu untuk membuat obat alami ini dan mungkin bagi sebagian orang akan merasa repot bila harus menyiapkan itu semua.

Tanaman-Tanaman yang Dapat Dijadikan Bahan Alami Obat Asam Lambung

Meminum obat alami asam lambung dari tumbuhan memang terkesan kuno, namun khasiat yang dihasilkan pun tidak kalah dari pengobatan secara medis. Obat alami yang dibuat dengan bahan sederhana ini, juga cukup efektif untuk menyembuhkan sakit asam lambung. Tanaman-tanaman yang dapat digunakan untuk bahan alami obat tradisional asam lambung cukup banyak. Tanaman-tanaman ini juga mudah ditemukan di sekitar anda.

  1. Daun Sembung

Daun sembung merupakan salah satu tanaman yang dapat meredakan asam lambung. Cara membuat obat asam lambung dengan menggunakan daun sembung ini adalah dengan merebusnya. Rebusan daun sembung tersebut ditambahkan dengan tumbuhan lainnya seperti daun seruni putih dan daun pepaya. Masukan juga bumbu yang biasa digunakan dalam membuat masakan yaitu kunyit. Karena ramuan ini tidak meninggalkan efek samping, anda dapat meminum minuman ini secara rutin, setiap hari bila perlu.

  1. Daun Cincau

Daun cincau juga diyakini dapat meredakan naiknya asam lambung yang sudah tinggi. Cara membuatnya yang pertama adalah haluskan daun cincau. Daun cincau yang dapat anda gunakan cukup segenggam tangan anda. Setelah daun cincau sudah halus, peraslah daun tersebut sehingga airnya dapat anda ambil. Air daun cincau yang telah diambil lalu direbus bersama dengan air mendidih. Langkah selanjutnya adalah menyaring air rebusan daun cincau dan tambahkan kapur sirih (jangan banyak-banyak), agar air rebusan daun cincau yang sudah disaring tersebut menggumpal. Setelah menggumpal, cincau dapat dinikmati dengan menambahkan sirup atau air gula. Untuk segera menurunkan asam lambung yang tinggi, anda disarankan untuk meminum ramuan daun cincau ini sekitar 200cc 3 kali dalam sehari.

  1. Daun Meniran

Selain untuk mengontrol dan mengobati asam lambung, daun meniran ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit lain. Cara membuat ramuan daun meniran ini sangat mudah seperti membuat ramuan daun sembung, yaitu anda hanya tinggal merebus daun meniran. Setelah itu, anda langsung dapat mengonsumsi ramuan daun meniran ini dengan tambahan madu. Rutinlah minum ramuan daun meniran ini agar asam lambung anda segera turun.

  1. Kamomila

Mungkin banyak yang belum tau mengenai tanaman yang satu ini. Kamomila adalah tanaman yang biasa dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang berdiet. Sebagai obat diet, kamomila diolah sedemikan rupa hingga menjadi teh. Selain untuk berdiet, teh kamomila (orang juga biasa menyebutnya denga teh kembang) juga dapat mengurangi asam lambung yang berlebih, jika anda meminumnya secara rutin.

  1. Lidah buaya

Obat Alami Asam Lambung dari Tumbuhan

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari jenis tanaman yang satu ini. Biasanya orang-orang menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut. Namun selain untuk rambut, lidah buaya juga dapat membantu anda untuk mengatasi penyakit asam lambung. Caranya, ambilah daging lidah buaya secukupnya lalu bersihkan. Setelah itu anda dapat menghaluskan daging lidah buaya menggunakan blender dengan menambahkan sedikit air. Untuk hasil yang maksimal, minum ramuan lidah buaya ini setiap hari.

Buah-Buahan yang Dapat Dijadikan Bahan Alami Obat Asam Lambung

            Meminum obat alami asam lambung dari tumbuhan memang ampuh, namun tidak hanya tumbuhan-tumbuhan yang berupa dedaunan saja, yang dapat mengatasi asam lambung yang berlebih, buah-buahan juga diyakini dapat dijadikan obat alami asam lambung pilihan anda.

  1. Pisang Raja

Dari sekian banyak jenis pisang yang ada di Indonesia, terpilihlah pisang raja yang dapat menyembuhkan penyakit asam lambung. Namun, anda tidak bisa langsung memakannya, melainkan harus diolah terlebih dahulu. Caranya adalah potong tipis-tipis pisang raja yang belum matang tetapi sudah cukup tua. Lalu jemurlah potongan pisang-pisang tersebut. Setelah pisang kering, haluskan pisang raja dengan cara menumbuknya atau memblendernya. Bubuk pisang yang sudah halus dapat anda seduh menjadi minuman, dengan menambahkan madu murni. Minuman ini dapat anda minum sehari 2 kali, yaitu pada pagi hari dan malam hari.

  1. Manggis

Untuk mengobati penyakit asam lambung, anda dapat meminum ramuan yang berasal dari kulit manggis. Kulit manggis yang telah kering, dapat anda seduh dengan air yang hangat. Setelah itu saringlah air seduhan tersebut dan ramuan kulit manggis ini dapat anda minum secara rutin.

Bumbu dapur yang Dapat Dijadikan Bahan Alami Obat Asam Lambung

Selain obat alami asam lambung dari tumbuhan dan buah-buahan, obat asam lambung juga bisa terbuat dari bumbu masakan yang biasa anda temukan di dapur.

  1. Kencur

Kencur mengandung berbagai macam jenis zat seperti alkaloid, annisad, gom, asam metil kanis, borneol, asam sinamat, etil ester, kamphen dan penta dekaan. Zat-zat tersebut diyakini dapat mengurang asam lambung yang berlebih. Cara pengolahan kencur adalah dengan merebusnya dengan air sampai mendidih. Setelah direbus, anda dapat meminum ramuan ini secara teratur.

  1. Asam Jawa

Untuk mengobati penyakit asam lambung, anda dapat mengolah kulit dari batang asam jawa dengan cara yang sama dengan kencur. Namun sebelum diminum, anda harus menyaringnya terlebih dahulu.

  1. Temulawak

Sama seperti bumbu dapur lainnya, anda hanya tinggal merebus beberapa temulawak dan air rebusan tersebut dapat anda minum untuk mengobati asam lambung.