6 Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh Dengan Bahan Alami

6 Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh Dengan Bahan Alami

6 Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh dengan Bahan Alami

Penyakit asam lambung atau yang disebut juga dengan Gastroesophageal Reflux Diseas (GERD) adalah penyakit yang sering terjadi pada ulu hati. Ulu hati akan terasa nyeri dan dada juga akan terasa seperti terbakar, dikarenakan asam lambung yang telah naik ke esofagus. Gejala awal naiknya asam lambung ini adalah adanya keluhan dari perut yang terasa tidak enak dan kembung. Penyakit asam lambung yang dibiarkan begitu saja dan tidak mendapatkan perhatian, akan mengakibatkan penyakit tersebut semakin parah dan berujung pada maag kronis.

Maka dari itu, jagalah asam lambung anda agar tidak naik dengan makan yang teratur. Namun, jika anda sudah terlanjur menderita sakit asam lambung, anda dianjurkan untuk secepatnya mengobatinya. Obat yang dinilai paling aman untuk mengobati penyakit asam lambung adalah obat tradisional. Anda dapat memilih berbagai macam bahan-bahan alami, yang bisa dijadikan obat tradisional asam lambung paling ampuh. Obat tradisional ini juga dapat anda buat sendiri di rumah.

6 Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh Dengan Bahan Alami

Memang, menggunakan obat tradisional sebagai obat asam lambung harus disertai dengan kesabaran dan ketelatenan, namun hasil yang didapat pun dapat dibilang sangat manjur. Dengan menggunakan obat tradisional, anda juga tidak akan terkena efek samping, hal tersebut dikarenakan, obat tradisional ini mengandung bahan-bahan alami yang aman digunakan dan bebas dari bahan-bahan kimia. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat obat tradisional juga terbilang cukup murah.

Membuat obat tradisional asam lambung paling ampuh, memang terbilang cukup simpel dan sederhana dibanding dengan menggunakan obat-obatan secara medis, yang memerlukan beberapa proses pengobatan. Jika anda mengobati penyakit asam lambung dengan menggunakan perawatan medis, biaya yang anda keluarkan juga tidak sedikit. Obat yang diberikan juga mengandung banyak unsur kimia, yang akan memberikan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Sedangkan, jika anda menggunakan obat-obatan tradisional, anda akan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak hanya dapat menyembuhkan penyakit asam lambung anda, tetapi juga dapat menyehatkan tubuh anda beserta organ-organ dalam tubuh anda. Dengan begitu banyaknya keuntungan yang didapat jika menggunakan obat-obatan tradisional, maka orang-orang pada jaman sekarang lebih memilih dan menyukai pengobatan dengan menggunakan obat-obatan tradisional ini.

Selain tidak menguras biaya, hasilnya pun juga cukup ampuh. Namun, setelah anda mencoba melakukan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan tradisional, alangkah baiknya anda juga menjaga pola makan anda, agar asam lambung anda tidak naik lagi. Karena percuma saja, jika anda melakukan pengobatan, tetapi anda tetap memakan makanan yang mengakibatkan asam lambung anda naik.

Tips untuk Menghindari Naiknya Asam Lambung

            Agar pengobatan tradisional yang anda lakukan dapat berhasil, tentunya anda juga harus menjaga pola makan anda agar asam lambung anda tidak naik lagi. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan tips-tips yang dapat mencegah naiknya asam lambung yang perlu anda ketahui.

  1. Jangan makan makanan yang pedas.
  2. Jangan telat makan.
  3. Jangan makan makanan yang juga bersifat asam.
  4. Jagalah timbangan berat badan anda.
  5. Jangan biarkan perut anda kosong.
  6. Jangan makan terlalu banyak di satu waktu, tetapi makanlah secukupnya secara rutin.
  7. Setelah makan jangan langsung tidur, tetapi tunggulah 1 sampai 2 jam agar makanan dalam perut anda turun.
  8. Ketika anda tidur, gunakan penyangga kepala agar posisi kepala anda lebih tinggi. Hal ini diyakini dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.
  9. Jangan minum minuman yang memilki kandungan alkohol meskipun sedikit.
  10. Kurangi minum teh dan kopi.
  11. Jangan makan makanan yang mengandung lemak tinggi.
  12. Pakailah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu sempit di tubuh anda.
  13. Dan yang terakhir hidup dengan bahagia tanpa stres berlebih.

Itulah beberapa tips yang dapat anda ikuti, jika anda tidak ingin asam lambung anda naik. Namun, jika asam lambung anda sudah terlanjur naik maupun kronis, anda dapat mencoba membuat obat tradisional asam lambung paling ampuh yang tentunya disesuaikan dengan kondisi tubuh anda.

Berbagai Resep Obat Tradisional Asam Lambung

            Berikut adalah berbagai resep dengan bahan-bahan alami, yang dapat anda coba untuk mengobati asam lambung anda yang sudah naik.

  1. Timun

Obat tradisional asam lambung paling ampuh yang pertama adalah timun. Timun adalah bahan alami yang dapat menyejukan perut anda jika asam lambung anda naik. Timun juga dipercaya dapat membuat gas yang ada di dalam lambung anda keluar dengan cepat. Cara membuat obat asam lambung dari timun adalah: cuci bersih timun yang masih segar, setelah itu potong timun dengan bentuk memanjang, lalu makanlah timun tersebut sebanyak 2 potong setiap 2 jam sekali.

  1. Campuran Wortel dan Madu

Anda dapat mencampurkan wortel dengan madu untuk mengurangi asam lambung anda yang sudah tinggi. Caranya adalah parut wortel secukupnya, lalu peraslah wortel tersebut dan ambil airnya. Setelah itu tambahkan seperempat madu murni. Aduk sampai merata. Minum ramuan wortel dan madu ini secara rutin, yaitu setiap pagi dan malam. Anda dapat meminumnya sampai anda merasa asam lambung anda sudah mereda.

  1. Campuran Kunyit, Madu dan Yoghurt

Dengan mencampurkan kunyit, madu dan yoghurt, diyakini asam lambung yang tinggi dapat mereda dengan segera. Cara membuatnya adalah: haluskan kunyit sebanyak 100 gram, setelah itu peras dan ambil airnya. Air kunyit tersebut dimasukan ke dalam gelas dan tambahkan 3 sendok madu murni dan 3 sendok yoghurt. Aduk semuanya sampai merata. Anda dapat meminum ramuan ini sebelum tidur di setiap malam.

  1. Jahe

Jahe biasanya dibuat campuran minuman untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga ampuh untuk meredakan asam lambung yang sudah tinggi. Cara membuatnya adalah panggang jahe secukupnya. Tumbuklah jahe tersebut, tetapi jangan sampai hancur. Lalu jahe dimasukan ke dalam gelas yang telah diisi dengan air hangat. Minumlah wedang jahe ini sebelum tidur.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau juga dipercaya sebagai bahan makanan yang dapat meredakan asam lambung yang tinggi. Manfaat kacang hijau yang tidak kalah pentingnya adalah dapat menebalkan lapisan dari lambung anda, sehingga lambung anda terlindungi dari segala macam penyakit. Kacang hijau juga ampuh untuk mengobati jika lambung anda mengalami luka. Untuk mendapatkan berbagai manfaat kacang hijau tersebut, anda dapat meminum kacang hijau sebanyak 2 gelas setiap harinya. Dan sangat disarankan, kacang hijau yang anda minum adalah kacang hijau tanpa santan.

  1. Kencur

Bumbu dapur lain yang dapat meredakan asam lambung selain jahe adalah kencur. Kencur juga merupakan bahan alami yang biasa dijadikan minuman jamu. Cara membuatnya adalah ambil kencur sebesar ibu, jari lalu kupas hingga bersih. Kencur yang sudah bersih dapat dikunyah secara langsung dengan dicampurkan dengan garam. Setelah kencur dikunyah, minumlah air hangat. Untuk meredakan asam lambung anda dengan segera, anda dapat mengunyah kencur tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.