7 Pantangan Makanan Sakit Maag dan Makanan yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Sakit Maag

7 Pantangan Makanan Sakit Maag

7 Pantangan Makanan Sakit Maag dan Makanan yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Sakit Maag

Sakit maag adalah sakit yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebih. Orang yang menderita sakit maag, dapat mengalami kambuh secara tiba-tiba jika pola makannya tidak teratur. Sakit maag yang dibiarkan begitu lama, dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh anda. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit maag yang sudah kronis. Salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan tradisional, yang terbuat dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan juga bumbu dapur, yang biasa anda temukan sebagai pelengkap sebuah masakan. 7 Pantangan Makanan Sakit Maag

Namun, terdapat istilah “lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka dianjurkan bagi anda, untuk melakukan pencegahan sakit maag dengan membuat daftar pantangan makanan sakit maag. Dalam daftar tersebut, anda harus memasukan jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh anda makan, agar sakit maag anda tidak kambuh lagi secara tiba-tiba. Sakit maag ini juga diakibatkan adanya peradangan yang terjadi pada selaput lendir lambung. Peradangan ini terjadi dikarenakan oleh infeksi bakteri, sering meminum minuman yang mengandung alkohol dan juga sering mengonsumsi obat pereda rasa sakit secara berlebihan.

Maag yang sudah kronis dapat merangsang tumbuhnya benjolan di lambung dan bahkan bisa sampai menjadi kanker lambung. Untuk menghindari hal semacam itu, maka sangat disarankan bagi anda untuk mencegah sakit maag tersebut, dengan pola hidup yang lebih teratur dan juga pola makan yang teratur.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Maag

            Banyak pantangan makanan sakit maag yang perlu anda ketahui. Jadi, jika anda mulai terserang sakit maag, ada baiknya anda menghindari jenis-jenis makanan seperti berikut.

  1. Makanan berlemak

Jika anda sudah mempunyai riwayat sakit maag, sebaiknya anda hindari jenis makanan yang satu ini, karena makanan dengan kandungan lemak berlebih, dapat membuat peradangan yang terjadi pada selaput lendir lambung semakin parah. Makanan-makanan yang mengandung lemak berlebih seperti bawang bombay goreng atau onion ring, ayam goreng, jenis makanan laut goreng, telur goreng, kentang goreng serta kue-kue yang diolahnya dengan cara digoreng. Pokoknya semua hal yang digoreng adalah makanan yang mengandung lemak berlebih.

Makanan yang mengandung lemak berlebih juga dapat menaikan tekanan darah tinggi anda, merangsang obesitas dan juga menyebabkan sakit jantung. Hal tersebut dikarenakan, adanya kandungan asam lemak trans pada makanan yang telah disebutkan di atas. Selain menu makanan gorengan, asam lemak trans ini juga dapat ditemukan pada jenis makanan yang dipanggang seperti kue, donat dan juga biskuit. Maka dari itu, kurangi dan hindarilah makanan yang sifatnya digoreng dan dipanggang. Salah satu jenis makanan yang juga mengandung asam lemak trans yang tinggi adalah margarin, anda juga harus mengurangi konsumsi dari margarin ini.

  1. Makanan Olahan

Makanan olahan yang mengandung banyak gula juga sebaiknya dihindari oleh penderita sakit maag. Jenis makanan olahan yang harus dikurangi dan dihindari adalah roti tawar, mie dan juga pasta. Makanan olahan seperti ini jika dimakan secara terus menerus dapat membuat lapisan lambung anda menjadi iritasi.

  1. Cabai

Bagi anda penderita sakit maag, sangat dianjurkan untuk menghindari berbagai macam jenis makanan pedas, yang mengandung cabai dan mustard. Selaput lendir lambung anda yang sudah terluka, akan semakin parah jika anda mengonsumsi makanan pedas secara terus menerus.

  1. Sayur Mentah

Sayur mentah adalah jenis makanan berikutnya yang harus dihindari oleh penderita maag. Sayuran mentah susah dicerna di dalam lambung, sehingga dapat membuat lapisan lambung menjadi iritasi. Makanlah sayuran yang mudah dicerna, dengan cara memasaknya dan sudah dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil.

  1. Makanan yang Mengandung Gas

Jenis makanan yang mengandung gas adalah sayur sawi, kol, buah nangka, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan dan juga minuman bersoda.

  1. Vitamin C

Jika anda sudah menderita sakit maag atau asam lambung yang tinggi, sebaiknya anda sedikit mengurangi asupan vitamin C. Konsumsi vitamin C berlebih seperti yang terkandung pada jeruk nipis dan nanas, dapat membuat lambung anda yang sudah terluka semakin parah.

  1. Daun Singkong

Daun singkong merupakan jenis makanan yang mengandung serat yang sulit dicerna oleh lambung. Lambung yang telah sakit akan semakin memburuk jika dibebankan pada berbagai jenis makanan yang sulit dicerna.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Sakit Maag

            Dari berbagai jenis pantangan makanan sakit maag yang telah disebutkan di atas. Ada baiknya anda mengkonsumsi jenis makanan berikut agar sakit maag anda tidak kambuh lagi.

  1. Buah-Buahan

Jenis makanan yang pertama adalah buah-buahan. Buah-buahan mengandung banyak sekali zat yang memberikan manfaat untuk tubuh seperti vitamin, mineral, serat, fitokimia dan juga zat anti oksidan. Makanlah buah-buahan sebanyak 2 buah sampa 4 buah setiap harinya, untuk menghindari kambuhnya sakit maag yang anda punya. Jenis buah-buahan yang dapat anda pilih adalah buah apel, pisang, persik, pir, anggur, melon dan kiwi. Namun, tidak semua buah dapat anda konsumsi, ada beberapa jenis buah yang malah akan membuat sakit maag anda semakin parah seperti buah jeruk, ara, beri dan jenis buah-buahan yang sudah dikeringkan.

  1. Sayur-Sayuran

Kandungan nutrisi pada sayur dapat memberikan sejuta manfaat pada tubuh. Sama dengan buah-buahan, anda dapat mengonsumsi sayur sebanyak 2 sampai 4 porsi setiap harinya, agar sakit maag yang anda derita tidak kambuh lagi. Namun, terdapat beberapa jenis sayuran yang mengandung gas dan harus anda hindari, agar tidak memperparah sakit maag yang anda derita seperti paprika, cabai, bawang merah, bawang putih dan juga tomat.

  1. Produk Susu

Susu yang dapat anda konsumsi adalah susu yang mengandung lemak rendah, bahkan kalau bisa pilihlah susu yang bebas lemak. Hal tersebut bertujuan agar produksi asam lambung anda tidak meningkat.

  1. Daging

Berbagai jenis daging seperti daging sapi, ayam dan ikan masih dapat anda makan meskipun anda merupakan penderita sakit maag. Pilihlah daging yang bebas lemak dan mudah dicerna oleh lambung anda.

Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi

            Selain berbagai jenis pantangan makanan sakit maag dan jenis makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita sakit maag, ternyata ada juga beberapa jenis minuman yang dapat memperparah sakit maag yang anda derita seperti:

  1. Bir, wine, koktail dan jenis minuman lainnya yang juga mengandung alkohol.
  2. Hindari juga minuman yang mengandung soda. Karbonasi yang ada pada minuman bersoda, sudah terbukti dapat membuat perut anda kembung, begah dan tentunya dapat membuat sakit maag anda semakin parah.
  3. Bagi anda penderita maag, sebaiknya anda mengurangi minum kopi dan teh. Hal tersebut karena teh dan kopi mengandung kafein, yang dapat membuat kadar asam lambung anda meningkat. Jika anda ingin minum teh atau pun kopi, sebaiknya anda isi dahulu perut anda dengan makanan, jangan biarkan kopi dan teh menjadi asupan pertama di dalam perut anda.